Racun-racun dalam Produk Kecantikan yang Wajib Kamu Hindari

Beauty News Healthy Living Physical Health
toxic-cosmetic-ingredients

background image by: NewDarlings.com

Setiap hari, kita menggunakan banyak produk kecantikan, mulai dari skincare, atau makeup pada badan kita. Rata-rata produk yang kita gunakan dalam sehari adalah lima belas produk kecantikan. Tanpa sadari, ternyata produk yang kita pakai banyak mengandung racun. Tentu saja, perusahaan tidak akan mencantumkan racun apa saja yang kita pakai. Kata ‘natural’ atau ‘organik’ tidak menjamin bahwa produk tersebut benar-benar natural atau organik, kecuali produk tersebut memiliki label sertifikasi organik atau semacamnya.

 

Menghindari bahan kimia untuk sehari-hari dirasa tidak mungkin. Tidak semua bahan kimia memiliki dampak yang buruk loh. Berdasarkan Campaign For Safe Costmetics, jika kamu mengkhawatirkan kesehatanmu dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya kamu hindari bahan-bahan kimia di bawah ini dalam produk kecantikan yang kamu pakai setiap hari:

#1 Paraben

Ditemukan pada: Sampo, Kondisioner, Lotion, Makeup, Facial Cleanser

 

Paraben adalah pengawet dan ditemukan pada beberapa produk. Selain itu, Paraben diasosiasikan sebagai karsinogen, atau zat penyebab kanker.

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? Ethylparaben, butylparaben, methylparaben, propylparaben, isobutylparaben, isopropylparaben, dan bahan lain yang mengadung kata “paraben”.

#2 Sodium Lauryl/Laureth Sulfate (SLS)

Ditemukan pada: sampo, sabun, mascara, produk untuk kulit berjerawat

 

SLS memiliki fungsi untuk membuat sabun (atau produk lain) berbusa. SLS diketahui dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan bahkan dapat menimbulkan reaksi alergi lainnya. SLS digunakan karena harganya yang murah dan memiliki kemampuan untuk membersihkan dan berbusa.

#3 Petrolatum atau Petroleum Jelly

Ditemukan pada: lip balms, lipstik, dan pelembab, foundation, pembersih muka

 

Terdapat pada produk yang berfungsi memberikan kilauan tambahan pada rambut, dan sebagai pengunci kelembapan pada lip balm, lipstik, dan pelembap. Selain itu, petroleum berasal dari bahan bakar fosil yang tentu saja tidak baik untuk kelestarian bumi ini.

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? Propylene glycol, isopropyl alcohol, ceresin, toluene, benzene, petrolatum, dan paraffin adalah turunan dari petroleum.

#4 Microbeads

Ditemukan pada: exfoliators, sabun, sampo, makeup, lipstik, dll

 

Menurut Greenpeace, microbeads adalah butir plastik yang sangat kecil (kurang dari 5 mm) yang ada dalam produk sehari-hari yang kita pakai, seperti exfoliators, pasta gigi, sabun muka, dan masih banyak lagi.

 

Meskipun tampaknya tidak menimbulkan dampak yang buruk terhadap lingkungan, microbeads dapat menyerap racun yang sangat banyak sekali. Kemudian, microbeads yang dimakan oleh ikan dan apabila ikan tersebut dimakan oleh manusia, microbeads yang penuh racun tersebut masuk ke dalam manusia.

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? polyethylene, polypropylene, atau polystyrene (atau yang sering dilabel sebagai PE, PP, PET, atau nylon).

#5 Phthalates

Ditemukan pada: deodoran, parfum, hair spray, pelembap, body lotion, makeup, conditioner, sampo, nail polish

 

Phthalates adalah bahan kimia yang digunakan untuk menambah kelenturan dan kehalusan plastik. Berdasarkan Campaign for Safe Cosmetics, phthalate dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti gangguan endokrin, gangguan reproduksi, dan juga kanker.

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? Phthalate, DEP, DBP, DEHP and fragrance

#6 Formalin/Formaldehida

Ditemukan pada: Cat kuku, lem kuku, lem bulu mata, gel rambut, produk smoothing rambut, sampo bayi, sabun

 

Formaldehida atau yang lebih dikenal sebagai formalin, merupakan senyawa yang digunakan dalam berbagai macam industri dan produk perawatan hingga furnitur. Formadehida dapat menyebabkan kanker dan iritasi pada kulit. Penggunaan formalin/formaldehida telah dilarang di seluruh negara Uni Eropa.  

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? Formaldehyde, quaternium-15, DMDM hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, polyoxymethylene urea, sodium hydroxymethylglycinate, 2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol (bromopol) dan glyoxal.

#7 Synthetic Fragrances

Ditemukan pada: Hampir semua produk kecantikan

 

Jika kamu memperhatikan label ingredients pada produk kecantikan umumnya, mungkin kamu akan menemukan kata ‘fragrance’ di dalam produk tersebut. Fragrance dalam label tersebut dapat memberikan dapat yang buruk, seperti kanker, alergi, sensitivitas, gangguan pernapasan, serta gangguan reproduksi.

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? Fragrance, perfume, parfum, essential oil blend, aroma

#8 Lead

Dapat ditemukan pada: lipstik, cat rambut, eyeliner, cat kuku, foundation, eyeshadow, blush, concealer, pelembap, dll

 

Lead atau timbal dalam bahasa indonesia, merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat sebuah produk kosmetik, terutama lipstik. Bahaya yang ditimbulkan dari timbal adalah penyakit kanker. Namun, produk yang mengadung lead atau timbal tidak mencantumkan pada label ingredients karena merupakan sebuah kontaminan.

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? Lead acetate, chromium, thimerosal, hydrogenated cotton seed oil, sodium hexametaphosphate

#9  Benzophenone

Dapat ditemukan pada: foundation, sunscreen, lip balm, sampo, kondisioner, pelembap, hair spray

 

Umumnya, benzophenone digunakan dalam produk seperti kacamata untuk melindungi dari cahaya matahari ataupun bungkus makanan. Benzophenone dapat mencemari air dan makanan. Dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh benzophenone adalah kanker, gangguan endokrin, gangguan perkembangan reproduksi, keracunan pada sistem organ, dan juga iritasi.

 

Apa yang harus diperhatikan ketika membeli? Benzophenone, atau bahan yang mengandung kata benzophenone (contohnya: benzophenone-2), BP# (contohnya: BP2), oxybenzone, sulisobenzone, sulisobenzone sodium

#10 Hydroquinone

Dapat ditemukan pada: pelembap wajah, pembersih wajah,

 

Istilah hydroquionone mungkin sudah terdengar familiar. Hydroquinone merupakan bahan kimia yang digunakan untuk memutihkan kulit. Selain itu, hydroquinone dapat menyebabkan kanker dan keracunan pada sistem organ.

 

Apa yang harus diperhatikan pada label ketika membeli? Hydroquinone or tocopheryl acetate

 

Bagi beberapa orang yang tidak ingin pusing atau repot membaca label ingredients, mereka tidak peduli apa yang digunakan pada tubuhnya. Kecantikan memang harus dijaga, namun kita memiliki pilihan apakah kecantikan tersebut dipertahankan dengan cara yang baik atau yang salah. Pilihan tersebut ada di tangan kita. Just be wise to put something on your body!

Tips dari The It Girl: Ketika membeli produk, cek label ingredients yang ada pada produk tersebut. Jika kamu tidak menemukannya, jangan ragu untuk menanyakan kepada penjaga toko.

toxic-cosmetic-ingredients

background image by: NewDarlings.com