Tempat Liburan Ala Ada Apa Dengan Cinta 2

Journal of travel

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada tanggal 28 April 2016, film Ada Apa Dengan Cinta 2 ditayangkan serentak di seluruh Indonesia. Kemeriahan film ini terlihat dari banyaknya penonton di hari tayang perdana film AADC 2 yang menembus angka dua ratus ribu.

Gimana sih cerita AADC 2? Singkatnya, cerita ini mengisahkan reuni Geng Cinta di Jogja, dan Rangga tiba-tiba muncul di depan Cinta setelah 14 tahun putus dari Cinta. Saat menonton film ini, mungkin kamu penasaran dimana aja sih lokasi syuting film AADC 2?

Ternyata, banyak lokasi syuting AADC 2 yang bisa kamu kunjungi untuk rekreasi. Pengen tau? Scroll down ke bawah ya…

#1 Gereja Ayam

image by: yukpiknik.com

Meskipun tempat ini sedikit menyeramkan, Gereja Ayam menjadi saksi perbincangan antara Cinta dan Rangga setelah terpisahkan selama 14 tahun. In real life, I would be so terrified if I had to talk with my ex about the past at this place. There are so many romantic places to talk with your ex, but Rangga why you chose this place?

#2 Punthuk Setumbu

image by: yogya-backpacker.com

Jika kamu ingin melihat keindahan matahari terbit, kamu bisa mengunjungi Punthuk Setumbu yang berlokasi di Magelang. Bukan Jogja ya, tapi Magelang. Hehe. Untuk melihat keindahan tersebut, kamu harus datang pagi banget, sebelum pukul 05.00 WIB.

#3 Klinik Kopi

image by: kompas.com

Masih ingat adegan Rangga dan Cinta ngopi bareng? Nah, tempat mereka ngopi adalah Klinik Kopi. Buat kamu yang penasaran dengan tempat ini, kamu bisa mengunjungi tempat ini di daerah Kaliurang, tepatnya Kaliurang KM 7,5.

#4 Lokal Resto

image by: lokalindonesia.com

Sebelum film AADC2 muncul, resto ini bisa dibilang sudah hits. Mungkin kamu sering melihatnya di Instagram. Unik adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan tempat ini. Jika kamu ingin mengunjungi resto ini, kamu bisa datang ke Jalan Jembatan Merah No. 104C.

#5 Istana Ratu Boko

image by: wisataku.id

Jika Punthuk Setumbu adalah tempat yang paling cocok untuk menikmati sunrise, maka Istana Ratu Boko adalah tempat yang paling cocok untuk menikmati sunset. Istana Ratu Boko adalah peninggalan zaman purbakala seluas 250 m2 yang terdiri dari gapura utama, lapangan, kolam, pendopo, dan juga gua.

#6 Papermoon Puppet Theatre

image by: papermoonpuppet.com

Rangga dan Cinta dikenal sebagai karakter yang memiliki jiwa seni yang tinggi, nggak heran jika mereka mengunjungi Papermoon Puppet Theatre untuk melihat pertunjukan teater boneka. Dalam kehidupan nyata, kamu juga bisa loh mengunjungi tempat ini. Di Jogja sendiri, tempat ini cukup terkenal. Papermoon Puppet Theatre ini beralamat di Jalan Langensuryo KT II No. 176.

#7 Kotagede

image by: wikipedia.org

Salah satu lokasi syuting AADC 2 di jogja adalah Kotagede. Kotagede terkenal dengan makam Raja Mataram yang pertama yaitu Danang Sutawijaya. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Pasar Legi untuk mendapatkan jajanan lokal.

#8 Warung Masakan Omah Bu Ageng

image by: myfunfoodiary

image by: eatoeat.wordpress.com

Warung ini menjadi tempat nongkrong Geng Cinta sambil menunggu Cinta dan Rangga yang sedang jalan-jalan. Ternyata pemilik warung ini adalah Butet Kertaradjasa loh. Jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu beliau disini. Menu-menu yang ditawarkan disini adalah menu tradisional.

#9 Sellie Coffee

image by: jalan2men.com

image by: idntimes.com

Buat kamu yang nonton film ini, pasti inget adegan seperti gambar di atas kan? Belum lagi potongan klip dari film ini banyak dijadikan meme. Jika kamu penasaran, atau pengen meniru adegan Rangga dan Cinta seperti di film, kamu bisa pergi ke Sellie Coffee.

#10 Sate Klathak Pak Bari

image by: harian.online

image by: ceritafoodies

Terlalu lama menetap di Amerika, membuat Rangga kangen sama makanan Indonesia. Akhirnya, Rangga dan Cinta makan sate kambing di Sate Klathak Pak Bari. Ternyata tempat ini memang terkenal di Jogja karena sate yang disajikan tidak seperti sate pada umumnya, tusuk sate yang digunakan disini bukan lidi tapi jeruji sepeda.

#11 Villa Sunset

image by: panduanwisata.id

Tempat ini menjadi tempat Geng Cinta menginap selama di liburan di Jogja. Nggak heran jika tempat ini menjadi pilihan lokasi syuting AADC karena lokasinya yang indah dan sejuk.

#12 Greenhost Hotel

image by: agoda.com

Ingat nggak adegan dimana Cinta bertemu Rangga pertama kalinya setelah 14 tahun di suatu pameran seni? Tempat tersebut adalah Greenhost Hotel. Greenhost Hotel merupakan penginapan dengan konsep ramah lingkungan. Unik kan? Wajib banget buat nginep disini waktu ke Jogja.

#13 Pantai Parangtritis

image by: telusurindonesia.com

Pantai Parangtritis berjarak cukup jauh, sekitar 25 km dari pusat kota Jogja. Pantai indah ini menjadi salah satu lokasi jalan-jalan Geng Cinta selama di Jogja. Selain keindahan pemandangannya, pantai ini terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidul, yaitu penguasa pantai selatan. Menurut mitos, jika kamu berkunjung ke pantai ini, jangan memakai baju berwarna hijau karena kamu bisa hilang dibawa penguasa pantai selatan. Just so you know…

#14 Padepokan Pak Bagong Kussudiarja

fimela.com

Tempat ini menjadi akhir jalan-jalan Rangga & Cinta, sekaligus menjadi saksi ketika Rangga ditampar oleh Cinta. Padepokan ini berlokasi di Bantul, dan menjadi tempat lahirnya beberapa seniman Indonesia.

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor