Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Setelah Menerima Gaji

Work & Finance

hal-yang-wajib-kamu-lakukan-setelah-menerima-gajiSebentar lagi gajian, udah ngebayangin gajimu mau diapain. Belanja makeup baru, baju baru, dan lain-lain. Tapi, tunggu dulu. Sebelum kamu membelanjakan gajimu, kamu wajib mengatur gaji bulananmu supaya kamu nggak cepet bokek.

 

Salah satu tips supaya kamu nggak cepet bokek setelah menerima gaji adalah dengan budgeting. Budgeting wajib dilakukan setelah kamu menerima gaji. Budgeting membantu kita memetakan kemana saja sih perginya uang kita. Dengan budgeting, kamu bisa tetep bersenang-senang dan juga menabung. Lalu, bagaimana sih cara budgeting yang paling ampuh?

 

50/20/30

Pernah denger tentang teknik budgeting 50/20/30? Mungkin belum banyak yang tahu tentang teknik ini. Cara budgeting dengan teknik sangat mudah untuk diterapkan. Caranya adalah dengan membagi pendapatanmu menjadi tiga bagian:

 

#1 Pengeluaran Tetap

Yang dimaksud dengan pengeluaran tetap disini adalah pengeluaran yang selalu kamu keluarkan setiap bulannya dengan biaya yang sama, contohnya: uang kos, uang langganan tv kabel atau netflix, internet, atau yang lainnya. Usahakan, total dari biaya tetap bulananmu tidak lebih dari 50% pendapatanmu.

#2 Target Finansial

Sisakan 20% dari pendapatanmu untuk menabung, atau membayar tagihan kartu kredit, tabungan pensiun, atau uang darurat.

#3 Flexible spending

Nah, sisa dari pendapatanmu setelah digunakan untuk pengeluaran tetap dan target finansial adalah 30%. Dari 30% pendapatanmu, kamu bisa gunakan uangmu untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, belanja, dan sebagainya.

 

Mudah kan? Dengan budgeting menggunakan 50/20/30, kamu tidak perlu takut kehabisan uang setiap bulannya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa kamu download di hp kamu untuk memudahkanmu dalam budgeting. (Baca juga: Top Money Management Apps)

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor