Girls, Ini Nih Beberapa Fakta Mengapa Sarapan Itu Penting Banget

Healthy Living

Sering sekali kita menganggap bahwa sarapan bisa membuat tubuh menjadi gemuk… atau bahkan menganggap sarapan tidaklah wajib dilakukan. Terutama ketika berburu dengan waktu atau ketika rasa malas datang. Sebelum terburu-buru mengambil kesimpulan, yuk simak beberapa fakta menarik mengenai mengapa sarapan itu penting bagi tubuh kita 🙂

bjournal-co

Image source: bjournal.co

Sumber Energi

alhadafjuniorcom

Image source: alhadafjunior.com

Saat kita tidur, tubuh kita berpuasa sekitar 7-8 jam dan dalam kurun waktu tersebut, tubuh kita akan mengalami penurunan dalam metabolisme dan akan menggunakan energi yang ada di dalam tubuh. 
Nah, sarapan berfungsi sebagai alarm dari otak ke seluruh organ tubuh dan sistem metabolisme untuk memulai bekerja kembali. Makan pagi ibarat tubuh kita sedang menerima “bensin” agar performanya optimal. Apabila kita melewatkan sarapan, tubuh tidak akan mendapatkan sinyal untuk mulai beraktivitas dan akibatnya badan kita tampak lesu atau kurang berenergi. Bisa bahaya lho girls…

Menekan Nafsu Makan Berlebih

hellosehatcom

Image source: hellosehat.com

Salah satu alasan utama melewatkan sarapan selain karena tidak sempat, juga dalam rangka mengurangi berat badan. It’s a big false! Sarapan justru mampu memberikan cadangan energi yang cukup untuk dipakai sehari penuh. Ditambah lagi, melewatkan waktu sarapan akan memicu rasa lapar dan cenderung akan memakan makanan yang manis atau berlemak saat lunch atau dinner time. Hayo siapa yang suka skip sarapan tapi makan malamnya jadi berlipat-lipat?

Meningkatkan Kerja Otak

rdcom

Image source: rd.com

Bagi pelajar atau pekerja, hal yang tak kalah penting mengenai manfaat sarapan yaitu dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak dan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi. Karena otak kita butuh glukosa dari makanan – karbohidrat sangat baik- untuk bekerja.

Mencegah Penyakit

ozonnewscom

Image source: ozonnews.com

Beberapa penyakit yang bisa dicegah karena kita rutin melakukan sarapan adalah maag dan diabetes. Sarapan akan membuat lambung terisi sehingga dapat menetralkan asam lambung berlebih. Kemudian, studi membuktikan bahwa 32% lebih kecil kemungkinan orang terkena diabetes apabila melakukan sarapan dibanding yang tidak sarapan. Hal ini terjadi karena orang yang tidak sarapan akan lebih resisten terhadap insulin, which lead to diabetes risk.

So, what’s to wait? Grab your plate now and have a healthy breakfast then. Have a nice day, everyone 🙂

Contributors

Anandita Ade Putri

Contributor