9 Cara Kreatif Menghasilkan Uang

Work & Finance

featured_

Terbebas dari masalah finansial memang tidak gampang. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sudah bekerja keras, tapi merasa penghasilanmu masih kurang karena banyak juga pengeluaran. Atau mungkin, kamu adalah orang yang masih mencari pekerjaan tapi merasa semua pekerjaan yang kamu apply tidak ada yang cocok. Daripada bingung mau ngapain, kamu bisa mencoba beberapa cara kreatif yang bisa membantumu menambah penghasilan ekstra.

#1 Blogging

blogging

image by: Andrea Chong

Profesi blogger bisa dibilang sebuah profesi yang memiliki prospek bagus di masa depan. Dengan banyaknya kemunculan blogger dari berbagai kategori (beauty, food, travel, dll), profesi ini bisa menghasilkan banyak keuntungan loh! Contohnya, seorang beauty blogger dari Amerika bernama Michelle Phan, menjadi salah satu entrepreneur sukses di dunia. Contoh lainnya adalah Hanifa Ambadar, berawal dari hobi blogging yang ditekuni selama bertahun-tahun sekarang Hanifa Ambadar berhasil membangun sebuah platform online bernama Female Daily Network. Menjadi blogger juga memiliki keuntungan sendiri, karena kamu bisa bekerja dirumah (Read: 6 Tips Working From Home) atau dimana saja dan tidak terikat dengan waktu.

#2 Sell Pre-loved items

flat lay clothes

image by: siendjd.tumblr.com

Coba deh kamu bongkar isi lemarimu, atau merapikan kamarmu. Pasti kamu akan menemukan beberapa barang yang ternyata nggak pernah kamu pakai atau jarang dipakai. Jangan buang dulu barang-barang tersebut, kamu bisa menjual barang-barang pre-loved kamu secara online di media sosialmu atau menggunakan aplikasi seperti Carousell.

#3 Illustrations

custom illustrations

image by: etsy.com

Buat kamu yang suka melukis, kamu bisa menghasilkan uang dengan cara menjual jasa custom illustrations seperti yang dilakukan oleh illustrator handal, Ayang Cempaka. Buat beberapa contoh ilustrasi yang akan kamu jual sebagai contoh, kemudian promosikan lewat media sosial kamu.

#4 DIY stuff

Tassel Garlands

Jika kamu hobby membuat DIY (seperti scrapbook, atau dekorasi seperti tassel garland), kamu bisa menjual hasil karya kamu. Harga barang-barang DIY bisa lebih murah dibandingkan dengan harga yang dijual di toko loh!

#5 Healthy Food Catering

healthy food catering

Siapa sih yang nggak suka makanan? Nggak semua makanan sehat itu nggak enak, girls. Banyak catering yang menyediakan menu sehat buat kamu yang pengen menurunkan berat badan, atau detox badan kamu. Buat kamu yang suka masak, kamu bisa mencoba-coba membuat menu makanan sehat, siapa tau banyak yang suka.

Nggak cuma makanan sehat, kamu juga bisa membuat bisnis minuman sehat seperti yang kamu sering lihat di Instagram. Dengan modal juicer, dan buah-buahan tentunya, kamu bisa membuat jus sehat yang bisa kamu jual di kantor atau di sekitar rumahmu. Kalo nggak laku? Kamu bisa konsumsi sendiri agar tubuhmu makin sehat!

#6 Handlettering or Calligraphy

typography

Sama seperti nomor #3, kamu juga bisa menjual skill dalam hal menciptakan goresan indah di kertas. Cocok buat kamu yang suka typography. Kalo kamu ahli dalam hal calligraphy atau lettering, kamu juga bisa membuat workshop kecil-kecilan.

#7 Freelancing

3YNGIU4yRTO4DDifrEfA__MG_2885

Freelance disini bisa berarti banyak profesi. Jika kamu suka fotografi, kamu bisa jadi freelance photographer. Jika kamu suka menulis, kamu bisa menjadi freelance writer. Enaknya freelancer adalah kamu bisa menyesuaikan waktu kerjamu sesuai dengan keinginanmu. (Read: Tips Sukses Buat Kamu Yang Ingin Jadi Freelancer).

#8 Clothing Shop

cottonink x raisa

image by: cottonink

Coba deh hitung berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk membeli baju? Banyak kan.. Belum lagi banyaknya baju di lemari yang menumpuk. Daripada uangnya kamu pakai buat beli baju melulu, kamu bisa mulai memulai sedikit demi sedikit membangun clothing shop kamu.

#9 Makeup Artist

common makeup mistakes you should avoid

image by: poisegallery.blogspot.com

Buat pecinta makeup, kamu bisa menggunakan skill dan makeup kamu untuk menambah uang sakumu dengan cara menjadi makeup artist loh. Daripada beli banyak makeup tapi mubazir trus akhirnya kebuang, kamu bisa ikut kursus makeup dan memulai bisnis sebagai makeup artist. Untuk awal, pasang harga yang friendly untuk mencari nama. Setelah itu, seiring dengan waktu dan pengalaman, kamu bisa jadi makeup artist professional seperti Marlene Hariman.

 

Dari semua cara yang bisa kamu pilih untuk menambah uang di tabunganmu, kamu harus bersabar karena nggak ada kesuksesan yang express. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya ya!

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor